Leadership vs Mandorship

Apakah perbedaan antara leadership dan mandorship?
Seorang leader adalah seorang yang memimpin orang lain dengan membuat orang tersebut mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Dalam hal ini adalah dengan memotivasi, melatih, meningkatkan kapasitas, memberikan arahan.

Sedangkan seorang mandor adalah orang yang memimpin orang lain untuk membuat orang lain mau mengerjakan tugas-tugasnya. Dalam hal ini seorang mandor tidak berkompeten untuk membuat orang-orang yang dipimpinnya menjadi lebih mampu, tetapi bertugas untuk membuat orang lain menjadi mau untuk mengerjakan tugasnya. Ketika sebuah grup yang dipimpin seorang mandor nampak beraktivitas, maka sudah cukup sukseslah seorang mandor itu.

Dalam sebuah kelompok penjualan, sangat dibutuhkan seorang leader, bukan mandor. Karena ketika yang hadir adalah mandorship, maka yang timbul adalah sekelompok penjual yang hanya nampak beraktivitas, tetapi aktivitas tersebut tidak menghasilkan apa-apa, selain nampak sibuk. Mandorship akan menekankan pada aktivitas, asal jangan nampak diam atau nganggur maka seseorang sudah bekerja. Tetapi di dalam leadership bukan itu yang terjadi. Seorang leader harus berfokus pada peningkatan kapasitas dan kemampuan, sehingga akhirnya peningkatan kapasitas tersebut akan meningkatkan pula kinerja, aktivitas, dan hasil.

Anda memimpin sekelompok penjual? Pastikan anda seorang leader, bukan mandor. Ketika anda menjadi seorang leader yang sip, maka anda juga akan mempunyai pasukan salesman yang sip juga.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Leadership vs Mandorship"

Posting Komentar

Select options on the left to generate your code...