Mengatur Waktu, Membagi Waktu dan Menggunakan Waktu


Time management atau Manajemen waktu termasuk menu favorit dalam pelatihan manajemen atau pelatihan marketing. Sekian ribu buku dengan tema time management telah ditulis, sekian ribu pembahasan tentang waktu telah diulas, tapi sampai hari ini pun kita manusia tetap bingung dengan waktu.

Ada sebuah pernyataan dari seorang filsuf modern yang menyatakan bahwa saat ini waktu berlalu lebih cepat dari masa lampau. Di masa lalu waktu terasa panjang, dalam satu hari lebih banyak hal yang bisa dilakukan daripada di jaman ini. Di saat sekarang, mulai dari bangun pagi kita sudah beraktifitas, pergi ke tempat kerja, melakukan aktifitas pekerjaan, tiba-tiba sudah sore, dan kita buru-buru pulang. Sampai di rumah badan sudah lelah, dan kita melakukan aktifitas-aktifitas pra-tidur, sebelum kita terlelap dan kemudian kita menghilang dari dunia ini sampai bintang terdekat di tata surya kita memunculkan dirinya lagi untuk memberi keabsahan bahwa 12 jam berikutnya adalah siang hari. Demikian seterusnya, hingga kita mulai bertanya-tanya lagi, di mana waktu saya ? Fisika Newton, mengatakan bahwa waktu adalah linier, waktu berjalan lurus ke depan dan tidak berbalik. Fisika Newton tentang waktu adalah persepsi waktu yang kita gunakan sampai hari ini. Jam dibuat dengan asumsi bahwa waktu berjalan lurus, dengan standar bahwa waktu 1 detik adalah waktu yang diperlukan oleh atom Caesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Demikianlah akhirnya hegemoni kekuasaan JAM atas manusia mulai berlaku. Dan kita menjadi budak dari sistem yang kita buat sendiri dan disetujui secara global. Sampai akhirnya teori relativitas dari Einstein membuktikan bahwa persepsi kita atas waktulah yang menciptakan perilaku waktu itu sendiri.

Dan inilah yang disebut Time Management : 1 tahun=365 hari, 1 bulan=30 hari,1 Minggu = 7 hari, 1 hari =24 jam. 1 jam =60 menit, di mana 1 menit = 60 detik adalah warisan dari jaman Babylonia karena 60 merupakan sistem perhitungan dari bangsa ini yang menggunakan sistem sexagesimal (berbasis 60).

Dan inilah yang disebut pembagian waktu : 1 tahun=365 hari, 1 bulan=30 hari,1 Minggu = 7 hari, 1 hari =24 jam. 1 jam =60 menit, di mana 1 menit = 60 detik adalah warisan dari jaman Babylonia karena 60 merupakan sistem perhitungan dari bangsa ini yang menggunakan sistem sexagesimal (berbasis 60).

Dan inilah yang disebut pengaturan waktu : 1 tahun=365 hari, 1 bulan=30 hari,1 Minggu = 7 hari, 1 hari =24 jam. 1 jam =60 menit, di mana 1 menit = 60 detik adalah warisan dari jaman Babylonia karena 60 merupakan sistem perhitungan dari bangsa ini yang menggunakan sistem sexagesimal (berbasis 60).!!!

Dari 3 hal di atas, saya ingin berbagi kepada pembaca blog ini bahwa waktu sudah termanajemen, waktu sudah terbagi, dan waktu sudah diatur / teratur, dan tidak ada lagi bagian dari kita yang bisa Mengatur, memanage, dan membagi waktu, that is the point !

Jadi di mana wilayah kekuasaan kita di sekeliling benteng waktu yang sudah tercipta ? Wilayah kekuasaan kita adalah pada Penggunaan dari waktu tersebut. Persepsi bahwa waktu adalah sebuah frame - harus dibuang untuk membebaskan kita dari hegemoni waktu, untuk tahap pertama dari perubahan persepsi ini, saya menyarankan untuk mempersepsikan waktu sebagai CURRENCY atau alat tukar. Dengan paradigma ini, kita mulai menguasai waktu, kita tidak perlu mencari lebih banyak waktu, karena waktu sebagai mata uang, jumlahnya telah tetap, tidak bisa bertambah, dan tidak bisa berkurang. Yang diperlukan adalah sebuah wisdom, new wisdom, yaitu kecerdasan waktu yang memungkinkan kita mewujudkan semua tujuan dan hakekat kehidupan kita dengan waktu yang telah kita genggam. Kita tidak berjalan dalam waktu lagi seperti budak, tetapi kita berjalan dalam diri kita sendiri dan waktu yang berada di kekuasaan kita adalah currency yang bisa ditukarkan untuk tujuan-tujuan tersebut.

Secara praktis adalah, jangan terlalu fokus kepada waktu dalam persepsi jam di mana Anda harus berjalan di dalamnya detik demi detik, tetapi berfokuslah pada penggunaan dari waktu yang Anda punya. Coba pikirkan ini, di tangan Anda ada segenggam waktu yang berjumlah 30 menit, dan sekarang coba pikirkan, hal apa yang bisa ditukarkan dengan 30 menit tadi yang akan memberikan perubahan besar terhadap seluruh kehidupan Anda, atau bahkan seluruh dunia ? Ketika Anda menyadari hal ini, maka Anda akan tahu hal yang terpenting, dan destiny dari hidup Anda akan mulai terkuak, Anda mulai berjalan di dalam kehidupan, bukan di dalam sebuah kotak yang bernama JAM.


Salam, Sale is My Right !



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatur Waktu, Membagi Waktu dan Menggunakan Waktu"

Posting Komentar

Select options on the left to generate your code...