Manfaat Rutinitas Dalam Pekerjaan

http://salesmandahsyat.blogspot.com/2017/05/manfaat-rutinitas-dalam-pekerjaan.html

Manfaat Rutinitas Untuk Salesman

Pekerjaan sebagai salesman adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas tinggi, karena dunia penjualan adalah dunia yang tidak bisa diprediksi dengan sangat pasti. Banyak hal yang harus disesuaikan dalam setiap kondisi dan hal tersebut tentunya memerlukan fleksibilitas/kelenturan dalam menyikapi setiap situasi dalam kegiatan menjual. Hal ini berbeda dengan hal-hal yang rutin atau hal-hal yang bersifat prosedural dalam sebuah pekerjaan. Dan seringkali hal yang prosedural merupakan penghambat dari tindakan kreatif dalam sebuah penyelesaian masalah. Lalu apakah manfaat rutinitas jika hal tersebut harus ada ?

Rutinitas adalah serangkaian aktifitas yang berurutan dan terjadual dan dilakukan hari demi hari. Rutinitas diperlukan agar keteraturan ada dan untuk menghindarkan diri dari ketidaktahuan untuk bertindak. Jadi sebenarnya rutinitas adalah dasar dari sebuah kreatifitas. Jika sebuah rutinitas tidak diketahui, maka tidak ada dasar untuk bertindak atas nama kreatifitas. Karena yang bisa dimodifikasi adalah sesuatu yang standar, jika yang standar dimodifikasi, maka hari selanjutnya akan menjadi standar yang baru, dan bisa dimodifikasi lagi. Demikian seterusnya keduanya akan saling menggantikan satu sama lain.

Nah, seringkali salesman yang berusaha menjadi kreatif berusaha sebisa mungkin menghindari rutinitas dan membuat semua kegiatan bersifat variabel. Ada keuntungan ada juga kerugiannya. 

Di artikel hari ini saya akan membahas tentang apakah manfaat rutinitas bagi dunia penjualan (bagi seorang penjual)? Berikut ini beberapa manfaatnya :

1.Rutinitas harian yang berupa daftar kegiatan yang harus dilakukan mulai dari pagi hingga sore hari akan memberikan perasaan pasti dan aman karena begitu kita terbangun dari tidur di pagi hari, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan.
Jika kita tidak memiliki jadual yang rutin, seperti berolah raga di pagi hari atau membaca, atau mempersiapkan bahan presentasi dll, maka waktu biasanya akan terbuang, karena kita menjadi tidak fokus terhadap apa yang harus dilakukan. Akan sangat aneh jika seorang salesman datang ke kantor kemudian bertanya "enaknya hari ini ngapain ya?" Dan karena ada gadget dan social media, maka kita mulai mencari inspirasi, scroll sana scroll sini, dan akhirnya tidak melakukan apa-apa sampai sekian jam.

2.Rutinitas harian akan memberikan semangat karena kita tahu setidaknya satu hari akan menjadi hari yang berhasil jika semua jadual dan kegiatan pekerjaan bisa diselesaikan. Kita akan bisa pulang ke rumah dengan perasaan puas.

3.Rutinitas yang jelas bisa menjadi dasar untuk sebuah kreatifitas. Karena kita sudah tahu sistem dan rencana hari itu, kita bisa mengevaluasi dan segera melakukan perbaikan terhadap sebuah aktifitas agar bisa lebih efektif.

Nah itu adalah manfaat rutinitas dalam keseharian kita. Meskipun tidak ingin menjadi salesman yang kaku terhadap jadual dan prosedur, sebaiknya kita tetap harus memiliki rutinitas yang pasti setiap hari. Atau dalam pengungkapan bahasa yang lain adalah "memiliki ritual" terutama di pagi hari. "Ritual" ini akan membuat kita bangun pagi lebih cepat dan bersemangat karena kita tahu apa yang harus segera dilakukan. Karena kita tahu apa yang harus dilakukan, maka kita akan bisa lebih memfokuskan pikiran, dan ternyata pikiran yang bisa fokus adalah pikiran yang tenang. Terutama di jaman informasi seperti ini, banyak sekali hal yang membuat pagi kita menjadi tidak terfokus, mulai dari berita di televisi, koran, social media dll. Jika kita tidak bisa memilahnya, maka semua informasi yang belum tentu bermanfaat bagi kita secara pribadi akan mulai mengusik pikiran dan menjauhkan diri kita dari jalan yang sudah kita pilih yaitu menciptakan penjualan untuk perusahaan tempat kita bekerja atau  untuk perusahaan yang sedang kita bangun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Rutinitas Dalam Pekerjaan"

Posting Komentar

Select options on the left to generate your code...