Cara Mengatasi Rasa Takut

https://salesmandahsyat.blogspot.com/2017/07/cara-mengatasi-rasa-takut.html

Cara Mengatasi Rasa Takut

Rasa takut bisa dialami oleh siapapun di dunia ini. Baik orang yang berada di puncak kekuasaan ataupun orang yang berada di dasar kehidupan, rasa takut selalu ada. Rasa takut dikaruniakan kepada kita dengan suatu maksud, yaitu untuk melindungi kita dari sebuah bahaya, tetapi perasaan yang tergolong negatif ini apabila terlalu mendominasi akan mengakibatkan kita berhenti dan tidak melangkah ke mana-mana atau mengalami stagnasi.
Di jaman nenek moyang manusia masih hidup di hutan, rasa takut yang berpusat di otak reptil (amygdala) akan memberikan respon waspada jika bahaya mendekat. Situasi kehidupan pada saat itu masih sangat liar. Tantangan alam dan binatang buas bisa datang sebagai bentuk yang membahayakan sewaktu-waktu. Manusia harus punya kewaspadaan dan tingkat reaksi yang tinggi terhadap bahaya. Dan hal ini masih kita miliki meskipun kondisi kehidupan jauh lebih maju, lebih nyaman dan lebih aman.

Saat ini tantangan alam dan kehidupan liar di berbagai belahan dunia tidak sehebat ribuan tahun yang lalu. Manusia hidup dalam lingkungan yang lebih aman dan perlindungan dari cuaca juga lebih baik. Tetapi rasa takut ini tetap ada, kadang muncul dalam bentuk kecemasan yang tidak beralasan, dan umumnya merupakan ketakutan terhadap masa depan atau ketakutan terhadap ketidakpastian. Jika perasaan ini mendominasi maka semua potensi yang terdapat dalam diri  seseorang akan terhambat dan akan menghalangi seseorang untuk bisa mencapai potensi terbaiknya dalam menjalani kehidupan.

Yang perlu kita sadari ketika rasa takut itu melanda adalah kenyataan bahwa kecemasan atau rasa takut itu adalah sesuatu yang nyata. Mungkin, penyebab atau hal yang ditakutkan bukan sesuatu yang nyata. Seperti ketika kita sendirian berada di tempat gelap, kemudian kita merasa takut akan ada sesuatu yang mendatangi kita. Saat itu penyebab dari rasa takut adalah tidak nyata, dipengaruhi oleh situasi yang gelap, tetapi perasaan itu, yaitu rasa takut tersebut adalah sangat nyata. Anda merasakannya, Anda merasa detak jantung bergetak lebih cepat, mungkin Anda merasa sedikit mual, sulit bergerak dan sebagainya. Reaksi terhadap fisik akibat rasa takut ini begitu nyata, bahkan melebihi kenyataan dari penyebabnya.

Oleh karena hal tersebut ketika seseorang merasakan ketakutan atau kecemasan tidak bisa diobati dengan kata-kata : "Jangan takut, jangan cemas, itu hanya pikiran dan angan-anganmu saja" ya benar... tapi ingat yang nyata itu adalah rasa takutnya, itulah yang harus ditangani. Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ketika kita bisa menyadari bahwa rasa takut itu adalah hal yang nyata, tanpa mempedulikan penyebabnya, maka kita sudah siap untuk menghadapi rasa takut tersebut.

Ketika sesuatu tidak nyata, maka kita tidak bisa mengendalikannya. Selama kita memandang bahwa rasa takut itu tidak nyata, maka kita tidak akan pernah bisa menghadapi rasa takut tersebut dan kita akan terus dikuasai oleh rasa takut tersebut.Penyebab rasa takut bisa nyata, bisa khayalan, tetapi rasa takut itu sendiri adalah nyata. Itu yang perlu kita sadari untuk bisa mengatasi ketakutan.

Jika seseorang menodongkan pistol ke kepala Anda, tentu saja Anda merasa takut. Dalam hal ini penyebab dan perasaan takut sama-sama nyata. Tetapi jika Anda berada di dalam ruang tertutup dan gelap dan Anda merasa takut akan ada sesuatu, ini penyebabnya tidak nyata, tetapi rasa takutnya tetap nyata, dan Anda bisa terpengaruh baik secara psikologis dan fisiologis.

Apa yang bisa ditimbulkan oleh rasa takut terhadap kehidupan Anda ?

Ketakutan atau kecemasan merupakan musuh dari sukses.
Rasa takut bisa melumpuhkan vitalitas dan daya hidup Anda.
Ketakutan membuat kita tidak bisa melihat peluang dan kesempatan.
Rasa takut bisa memicu pelemahan tubuh dan bisa memicu berbagai penyakit.
Rasa takut membuat sesorang takut untuk berbicara dan mengutarakan pendapatnya.
Rasa takut menghasilkan keragu-raguan, menghilangkan akurasi, dan salah mengambil keputusan.
Rasa takut bisa menyebabkan kerugian secara ekonomi.
Ketakutan membuat kita tidak produkttif, menghasilkan sedikit dan menikmati sedikit.
Dan banyak lagi lainnya.

Jika demikian maka rasa takut adalah seperti sebuah penyakit atau gangguan terhadap sebuah sistem, maka kita harus bisa menghadapinya. Tidak ada orang di dunia iniyang bebas dari rasa takut. Karena emosi ini memang disediakan untuk tujuan yang sudah disebutkan di atas. Tetapi dalam dosisyang tidak tepat, emosi ini justru kontra prduktif, oleh sebab itu perlu untuk dikendalikan dengan baik. Orang-orang sukses di dunia ini tidak lahir tanpa rasa takut, tetapi mereka telah berjuang sedemikian rupa untuk bisa bebas dari rasa takut atau bisa menghadapi dan mengendalikan rasa takut tersebut.

Jika Anda pernah mengikuti sebuah pelatihan terjun payung, mungkin Anda akan bisa merasakan pengalaman menghadapi rasa takut yang begitu nyata ketika pertama kali melakukan penerjunan. Situasinya nyata, Anda harus terjun bebas dari ketinggian tertentu, dan perasaan takutnya juga nyata. Perut terasa bergolak dan rasa mual bisa menyerang tiba-tiba. Dan rasa takut tersebut hanya bisa dilakukan dengan melakukan sesuatu : Segera melompat keluar pesawat dan terjun! Tindakan berada di antara rasa takut dan cara melenyapkannya. Dan saat itu kita akan ingat bahwa tindakan atau perbuatan akan melenyapkan rasa takut. Jika Anda tetap bersikukuh berdiri di pintu pesawat, memandang ke bawah dengan tubuh gemetaran, maka perasaan takut tersebut tidak akan lenyap. Bisa hilang juga jika Anda mengambil tindakan untuk membatalkan penerjunan. Rasa takut Anda hilang, tetapi Anda kalah oleh rasa takut untuk mencapai tujuan Anda. Tetapi lagi-lagi, tindakan / perbuatanlah yang berhasil menghilangkan rasa takut tersebut, entah Anda segera melompat atau Anda membatalkannya. Jadi kita punya sebuah kesimpulan bahwa Tndakan atau perbuatan bisa menghilangkan rasa takut.

Jika Anda memiliki target penjualan yang tinggi, mungkin rasa khawatir gagal akan menyerang Anda, tetapi jika Anda mulai bergerak, melakukan segala hal yang diperlukan untuk mencapai target, memfokuskan pikiran hanya pada apa yang Anda kehendaki, maka rasa khawatir itu akan lenyap dan digantikan oleh semangat yang kuat.

Setiap ketakutan memiliki cara untuk mengatasinya.

Jika Anda takut kehilangan pelanggan, fokuskan perhatian untuk bekerja lebih keras, perbaiki dan lakukan semua hal yang bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Jika Anda takut dan cemas terhadap sesuatu yang tidak jelas dan tidak Anda kuasai, cobalah mengalihkan perhatian pada halyang belainan sama sekali dengan situasi tersebut. Lakukan olah raga, berkebun, jalan-jalan, nonton film, bermain bersama anak dsb.

Jika Anda mengalami rasa takut di dalam pesawat yang mengalami turbulensi, alihkan perhatian pada sekitar Anda, perhatikan orang-orang yang juga ketakutan, berusahalah memberikan pertolongan kepada mereka yang takut dan berdoalah.

Takut akan rugi dalam sebuah investasi ? Lakukan kegiatan analisa dan ambil keputusan. Usahakan dengan tekun supaya berhasil dan percayai bahwa Anda akan berhasil.

Jadi sekarang kita bisa mengatasi rasa takut dengan pertama-tama mengamati dengan seksama rasa takut tersebut dan ambil tindakan sesuai dengan jenis rasa takut yang Anda hadapi. Dan selamat berselancar.

Salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Takut"

Posting Komentar

Select options on the left to generate your code...